Selasa, 21 Desember 2010

Tips Berinternet Cepat

Internet telah jadi trend tersendiri di mata public, terutama kita sebagai mahasiswa. Siapa diantara kita yang tidak mngenak internet? Jawabannya, siapapun pasti mengenal teknologi ini,walaupun bukanlah sebagai experience.
Penggunaan internetpun tak lagi sebatas hanya kepuasan memperoleh data yang diperlukan,namun telah mencakup kecepatan akses yang tinggi. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk mengoptimalkan koneksi internet agar dapat “ngebut”.

Ukur Kecepatan
Sebelum mengoptimalkannya, kita harus terlebih dahulu mengetahui kecepatan internet yang digunakan saat ini. Untuk mengetahuinya, kita bisa mengukur kecepatan internet dengan bantuan situs web.salah satunya adalah Speedtest.net [http://www.speedtest.net/]. Masuk ke situs ini,dan lakukan pengujian dengan meng-klik tombol [Begin Test], lalu tunggu hingga semua proses selesai. Agar hasil akurat, pastikan tidak ada aplikasi lain yang menggunakan internet.

Maksimalkan Yang Ada
Faktor lain yang bisa dimaksimalkan untuk akses cepat berinternet, diantaranya adalah.
1. Jenis koneksi ke modem
Banyak diantara kita yang belum tahu bahwa kecepatan lewat ethernet lebih tinggi ketimbang lewat USB, Serial, atau Paralel. Bila kita adalah pengguna baru internet atau seorang pemula, pertimbangkan untuk memilih layanan yang menggunakan koneksi ethernet.
2. Ukuran RAM
Pastikan bahwa perangkat komputer/notebook kita memiliki memori yang cukup untuk menangani aktivitas berinternet yang berlangsung. Atau pertimbangkanlah untuk menambah kapasitas RAM komputer kita. Kapasitas standar RAM untuk dapat berselancar dengan nyaman adalah 1GB. Semakin tinggi akan lebih baik. Bila dana tak cukup untuk membeli RAM, matikan semua aplikasi lain yang aktif untuk memaksimalkan memori yang digunakan sehingga dapat untuk kegiatan berinternet kita.
3. Kecepatan Browser
Gunakanlah browser yang cepat supaya koneksi yang kita gunakan tak sia-sia. Banyak browser cepat yang tersedia saat ini,diantaranya Firefox, Safari, Opera, Chrome,dan lain sebagainya. Apapun yang nanti dipilih, janganlah membenaninya dengan berbagai Add-ons yang tidak berguna yang justru akan memperlambat browser tersebut.
4. Mitos Windows XP
Kita mungkin pernah mendengar mitos bahwa Windows XP mengambil 20 persen resource jalur internet kita untuk menangani Update Windows dan pengecekan Spyware. Terlepass benar atau tidak, ada tips yang ”katanya” bisa membebaskan 20 persen tersebut. Klik tombol [Windows] + [R], ketikkan gpedit.msc. Buka [Administrative Template] pada jendela ”Computer Configuration”. Masuk ke Network dan klik Tab [QoS Packet Scheduler]. Klik dua kali pada [Limit Reservable Bandwidth] dan aktifkan pilihan tersebut lalu ubahlah ”Bandwidth Limit” ke 0% dan klik [Apply]. Reboot komputer kita untuk pengaktifan pengaturan tersebut. Bila memang tak ada perubahan yang berarti, kita bisa mengembalikan settingan tersebut ke semula.
5. DNS Server
Kita bisa menggunakan layanan DNS Server gratis yang terbuka bagi publik untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet. DNS (Domain Name Server) berfungsi kurang lebih sebagai jasa pencarian lokasi alamat komputer yang tehubung di jaringan internet. Beberapa alamat DNS yang bisa digunakan adalah :
Scrubit [http://www.scrubit.com/]
67.138.54.100
207.225.209.66

Dnsadvantage
[http://www.dnsadvantage.com/]
159.154.70.1
156.154.71.1

openDNS [http;//www.opendns.com/]
208.67.222.222
208.67.220.220

6. Toonel
Toonel adalah sebuah aplikasi Java kecil yang fungsinya mengalihkan semua koneksi keluar-masuk data dari dan ke komputer lewat servernya. Semua data akan dipadatkan ke urutan yang lebih kecil, sehingga otomatis koneksi aka lebih cepat.
Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon memberikan komentar dengan bahasa yang sopan. Terima Kasih.